logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

UN-Day, Sumpah Pemuda & Bulan Bahasa SMP Darma Bangsa

Penerapan P5 dalam Tema Berkebinekaan global dalam Kegiatan UN-Day, Sumpah Pemuda, dan Bulan Bahasa SMP Darma Bangsa

Sebagai sekolah penggerak, SMP Darma Bangsa haruslah menuntun peserta didiknya untuk dapat mengembangkan kodrat yang dimilikinya. Salah satu cara yang digunakan oleh SMP Darma Bangsa adalah dengan menerapkan P5 secara konsisten dalam setiap kegiatan di sekolah. Jika sebelumnya kegiatan P5 dilakukan di luar lingkungan sekolah dan berkaitan dengan pelestarian terumbu karang serta hutan bakau, kali ini penerapan P5 dilakukan di dalam sekolah. Penerapan P5 dilakukan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa, dan United Day (PBB).

Dalam kegiatan UN-Day Sumpah Pemuda, dan Bulan Bahasa, SMP Darma Bangsa mengajak seluruh siswa berpartisipasi dan bergotong royong dalam satu kelas sesuai dengan tingkatannya. Untuk kelas 7, setiap kelas  membuat mading 3D berkaitan dengan daerah yang terpilih (Kalimantan, Bali, dan Sulawesi). Mereka akan membuat mading 3D disertai dengan makanan dan minuman khas daerah tersebut. Mereka juga akan mempresentasikan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar sebagai bagian dari peringatan Bulan Bahasa dan penerapan P5 kreatif.

 

Untuk kelas 8, mereka akan memperagakan busana adat daerah terpilih (Kalimantan, Jawa, dan NTB). Mereka memperagakan sekaligus mempresentasikan setiap busana yang digunakan oleh perwakilan kelas dengan menggunakan bahasa daerah tersebut (bagian dari memperingati hari Sumpah Pemuda). Selanjutnya untuk kelas 9, SMP Darma Bangsa menerapkan Berkebhinekaan Global dalam memeriahkan peringatan UN-Day (PBB) dengan menggunakan busana khas negara terpilih (Korea, India, dan Tiongkok). Tidak hanya memperagakan busana khas daerahnya, setiap kelas akan menyanyikan lagu dengan menggunakan bahasa negara tersebut.  

Kegiatan UN-Day, Sumpah Pemuda, dan Bulan Bahasa adalah bentuk konsistenasi SMP Darma Bangsa dalam menuntun peserta didik menjadi pribadi yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Selain itu, meskipun dunia digitalisasi dan moderenisasi sangat dekat dengan peserta didik, SMP Darma Bangsa akan tetap menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dalam jiwa peserta didik. Kegembiraan dan kebahagiaan terpancar dari semua raut wajah peserta didik ketika pemenang lomba diumumkan oleh juri. Suasana kebersamaan dan kombinasi antara rasa nasionalisme dengan moderenisasi terlihat menyatu dalam satu kegiatan penuh makna. 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142