logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SMP Darma Bangsa Goes Camping 2023

SMP Darma Bangsa akan senantiasa melahirkan ide-ide menarik untuk mengajak para siswa dan guru mengembangkan diri dalam kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Kali ini OSIS SMP Darma bangsa mewujudkan program kerja mereka melalui kegiatan outdoor, yaitu “SMP Darma Bangsa Goes Camping 2023”. Kegiatan ini sangat cocok dilaksanakan pada musim kemarau atau musim panas untuk menikmati suasana alam. Berkemah juga bisa menciptakan pengalaman baru dalam hidup dan menciptakan kenangan yang akan diingat di kemudian hari. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan camping ini, diantaranya menjadi pribadi yang lebih mandiri, berkepribadian tangguh, belajar menghargai   alam   ciptaan   Tuhan,    mencintai sesama dan memupuk percaya   diri siswa. Untuk menciptakan pribadi yang diharapkan tersebut, OSIS SMP Darma Bangsa mengadakan kegiatan camping yang bertema There's no wifi in the mountains, but you'll never find better connections”. 


Kegiatan ini dilaksanakan di taman Betung, pada Kamis-Jumat, 12-13 Oktober 2023. Taman Betung adalah  tempat wisata edukasi yang terletak di Jalan Wan Abdul Rahman, Kemiling, Bandar Lampung. Di taman ini kita tidak hanya dapat berwisata bersama keluarga, namun tempat ini juga sangat cocok sebagai tempat pembelajaran di alam bebas. Berkemah juga dapat dilakukan dengan berbagai sumber edukasi bagi siswa, salah satunya adalah pembelajaran mengenal budidaya jamur tiram.

Di taman betung, siswa SMP Darma Bangsa melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu: fun camp, teambuildinggames, mushroom cultivation, basic leadership, pelantikan pengurus OSIS periode 2023-2024, creative food plating, outbond, dan aerobic. Pada seluruh rangkaian kegiatan, siswa kelas VII, VIII, dan IX berkolaborasi dan mengakrabkan diri satu sama lain. Siswa kelas VII ditemani siswa kelas VIII dan IX sebagai kakak asuh. Mereka bertukar pikiran, gagasan dan ide dalam setiap sesi kegiatan. Siswa kelas VIII dan IX yang berperan sebagai pengurus OSIS, menjadi panitia yang secara langsung mengatur jalannya kegiatan. Mulai dari merencanakan kegiatan, menyiapkan perlengkapan, mengarahkan adik kelas sebagai adik asuhnya, mengatur waktu pelaksanaan kegiatan, membagikan makanan dan minuman, serta masih banyak lagi kegiatan bermakna yang mereka lakukan.

Seiring kemajuan zaman, siswa membutuhkan banyak moment dan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan kemandirian. Fun Camp membuat seluruh siswa lebih mandiri, percaya diri, bertanggung jawab dan saling mengenal antar individu. Begitu juga pentingnya pendidikan karakter bagi siswa. Pada kegiatan ini, pendidikan karakter diterapkan dalam setiap kesempatan, khususnya pada Team Building Games dan Basic Leadership. Remaja masa kini memerlukan dukungan untuk berlatih sebagai manusia yang berjiwa kepemimpinan, berdaya juang tinggi, dan disiplin agar siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

 Siswa dapat meningkatkan kreativitas dan minat bakatnya pada kegiatan creative food plating. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat digemari dan dapat meningkatkan kerjasama antar siswa. Di taman Betung, siswa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pembudidayaan jamur tiram. Mereka mendapatkan penjelasan langsung dari nara sumber yang berkompeten di bidang budidaya jamur dan melihat tempat pengembangan, serta proses pembudidayaan. Pada sesi ini, hal yang paling membuat siswa terkesan adalah siswa dapat merasakan serunya memanen jamur tiram bersama-sama. Mr. Arif Fahrudin, M.Pd. Gr., selaku kepala SMP Darma Bangsa berpesan pada akhir kegiatan SMP Darma Bangsa Goes Camping 2023, “Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi Sekolah  Darma Bangsa, khususnya siswa, guru, dan para orang tua siswa yang selalu turut andil mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan SMP Darma Bangsa.”

 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142