logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Virtual Inspiration Class SMP Darma Bangsa

Andrea Hirata pernah berkata "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi". Kata-kata itu dapat kita artikan bahwa kita harus mengejar mimpi kita dan menjadikannya kenyataan. Tidak mudah memang untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Butuh banyak usaha atau bahkan pengorbanan dalam meraihnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca biografi dari orang-orang sukses. Cara ini cukup jitu untuk mendekatkan kita pada mimpi atau cita-cita kita. Kita menjadi tahu banyak hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses itu dalam meraih mimpi mereka.

 Berdasarkan hal itulah, SMP Darma Bangsa pada hari Senin, 16 November 2020 menyelenggarakan kegiatan Inspiration Class secara virtual. Inspriration Class atau kelas insprirasiadalah kegiatan yang diselenggarakan untuk mengenali, menggali, serta mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki siswa SMP Darma Bangsa. Dalam kegiatan ini, siswa memiliki kesempatan untuk bertanya dan berbagi tips dalam meraih cita-cita.

Pada kesempatan ini SMP Darma Bangsa mengundang dr. Muhamad Yunus, SpBS. (spesialis bedah syaraf) untuk menyampaikan kiat dan pengalaman menjadi seorang dokter, serta memberikan pesan atau harapan di masa pandemi Covid19. Dalam kegiatan Inspriration Class, dr. Yunus mengatakan bahwa Ia memiliki cita-cita menjadi seorang dokter sejak Ia masih kecil. Hasrat untuk menyelamatkan seseorang muncul ketika salah satu keluarga jatuh sakit tapi Ia tidak bisa melakukan apa-apa. Sejak saat itulah semangat belajar untuk menjadi seorang dokter begitu besar. Bagi dr. Yunus kebanggaan menjadi seorang dokter adalah ketika bisa menolong dan menyelamatkan oranglain.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Yunus juga mengatakan bahwa semua anak memiliki kesempatan yang sama dalam memilih dan mewujudkan cita-citanya. Mengutip dari pernyataan Albert Einstein “Everybody is a Genius. But If You Judge a Fish by Its Ability to Climb a Tree, It Will Live Its Whole Life Believing that It is Stupid”, dr. Yunus beranggapan bahwa semua anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuannya. Asalkan, setiap anak harus fokus dalam melatih kecerdasan yang dimiliki hingga menjadi professional dalam kemampuannya masing-masing.

Siswa SMP Darma Bangsa sangat antusias dalam kegiatan Inspriration Class terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab. Pesan terakhir yang diberikan dr. Yunus dalam kegiatan Inspriration Class adalah dengan mengutip pernyataan dari Imam Syafi’I yang berbunyi “Barang siapa yang tidak mau merasakan pahitnya belajar, maka ia akan merasakan hinanya kebodohan seoanjang hidupnya.” Artinya, semua harus belajar dengan giat untuk terlepas dari kebodohan dan bisa mewujudkan cita-cita atau mimpinya. Meskipun kegiatan Inspriration Class diselenggarakan melalui virtual, tidak mengurangi makna dari kegiatan itu sendiri.

 

By: Made Shelly Nilayati, S.Pd.

 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142