logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Smart Detective, SDB Outdoor Fun Learning

OFL edisi September (10/9) kali ini memilih tema “Strategy Building” yang diterapkan pada 2 games terpisah (Foto 1). Pada game pertama, tim guru SMA Darma Bangsa merancang games Smart Detective yang membagi siswa menjadi 10 kelompok dari lintas jenjang. Siswa diinstruksikan untuk memecahkan clue yang tersebar di 10 Post terpisah (Foto 2). Clue yang dirancang oleh Tim Guru, disajikan dalam bentuk bahasa Inggris, Aksara Lampung, Tebak Gambar dan Hitungan Matematika yang dapat menjelaskan dimana letak clue selanjutnya berada. Clue pertama didapatkan siswa dengan cara menjawab 5 soal Matematika yang diberikan saat awal game. Penilaian akhir oleh Tim Guru dilakukan dari beberapa indikator, yaitu pengumpulan 10 clue dari 10 post berbeda, kecepatan waktu penyelesaian game, serta kekompakkan dan kejelian tim dalam menentukan tempat yang dimaksud dalam tiap clue.

  

Foto 2. Siswa berusaha menemukan dan memecahkan clue dalam game Smart Detective

Setelah break time penyelesaian game pertama, siswa kemudian diberikan ice breaking berupa game kekompakkan. Seluruh siswa bergandengan tangan membentuk 2 lingkaran besar dan diminta untuk mengikuti kebalikan dari instruksi yang diberikan oleh guru pemberi komando (Foto 3). Instruksi yang diberikan berupa “Depan” yang artinya lompat ke belakang, “Belakang” sebagai instruksi lompat ke depan, “Kanan” untuk lompat ke kiri dan “Kiri” untuk lompat ke kanan. Instruksi akan terus diberikan hingga siswa mampu bergerak secara bersamaan tanpa melakukan kesalahan.

 

Foto 3. Para siswa menyimak instruksi yang akan diberikan oleh Guru Pemberi Komando

Game kedua “The Water War” dilaksanakan setelah break time sholat dan makan siang. The Water War adalah permainan edukatif terintegrasi dengan ketentuan tim yang bertanding berada dalam jenjang yang sama, yaitu kelas XII Armstrong Vs XII Nobel, Kelas XI Archimedes Vs XI James Watt, dan kelas X Gaudi Vs X Van Der Waals. Setiap pasang  tim ditempatkan dalam arena luas dan diminta memperebutkan bendera berisi soal-soal Agama, Fisika dan Kimia selama 15 menit permainan. 

 

 

Foto 4. Siswa tampak mempertahankan bendera tim dengan membawa cup berlubang berisi air untuk menyerang tim lawan dalam game The Water War.

Peraturan dalam game ini, setiap tim akan dibekali 1 ember air dan 6 cup gelas berlubang sebagai senjatra pertahanan dan perlawanan dalam misi memperebutkan bendera lawan dengan syarat tidak boleh ada kontak fisik sekecil apapun antar anggota tim dan tim lawan (Foto 4). Setiap anggota tim akan diminta keluar dari arena permainan jika terkena air yang disiram oleh tim lawan atau diketahui melakukan kontak fisik dengan tim lawan. Setelah waktu permainan habis, tiap kelompok kemudian akan dikumpulkan dan diminta mengerjakan soal sejumlah bendera yang didapatkan. Penilaian dilakukan oleh tim guru berdasarkan kecepatan pengerjaan soal dan jumlah soal benar dari keseluruhan soal yang didapat (Foto 5).

  

Foto 5. Pengerjaan soal dari bendera yang didapat selama game The Water War. 

Di akhir kegiatan OFL, Tim Guru mengumumkan dan menjelaskan besar poin yang diterima oleh tiap tim dari tiap game yang telah dilaksanakan. Para pemenang selanjutnya  mendapatkan reward berupa bingkisan dari Tim Guru.

 

 

 

Foto 6. Pemberian reward kepada tim yang memenangkan game Smart Detective dan The Water War.

 

 

Penulis : Lia Septya 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142