logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Hari Guru Nasional 2017

Pahlawan tanpa tanda jasa, begitulah slogan yang melekat dalam jiwa seorang guru. Hal itu seakan berarti tak ada satupun tanda yang dapat mewakili jasa-jasa guru untuk mencerdasakan serta menjadikan seseorang menjadi lebih berkarakter. Namun, untuk tetap mengenang jasa para guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI setiap tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.  Atas dasar itulah, Kami Sekolah Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia turut memperingati Hari Guru Nasional 2017. Peringatan Hari Guru Nasional di Sekolah Darma Bangsa tidak hanya semata-mata perayaan saja, melainkan hari di mana semua guru melakukan refleksi dan semua murid memberikan apriseasi kepada para guru. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Hari Guru Nasional setiap tahunnya. Pada tahun ini (2017) peringatan Hari Guru Nasional memiliki tiga kegiatan yaitu upacara bendera, pencil project, dan sport day. 

Peringatan Hari Guru Nasional di Sekolah Darma Bangsa dimulai dengan kegiatan upacara bendera pada pukul 07.35. Sama halnya dengan upacara pada umumnya, hanya saja petugas upacara pada Hari Guru Nasional ini dilakukan oleh para guru. Setelah upacara bendera, siswa-siswi Sekolah Darma Bangsa memberikan persembahan kepada semua guru. Persembahan dimulai dari siswa-siswi SD membacakan puisi dan pertunjukan drama memerankan keseharian guru di sekolah. Berbeda dengan siswa/ siswi SD, siswa SMA memberikan persembahan dalam bentuk pembacaan puisi yang berisi  curahan hati kepada guru yang telah mendidiknya.

Usai pembacaan puisi dan ucapan terima kasih sebuah banner bertuliskan Happy Teacher Day dibentangkan untuk memberikan kejutan kepada para guru. Sedikit berbeda dengan persembahan SD, siswa/ siswi SMP, mempersembahkan drama singkat penjelasan tentang arti nama-nama kelas mereka dan beberapa anak berpenampilan seperti guru. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap guru-guru mereka. Sebagai penutup para pemimpin, guru, staff, dan siswa bersama-sama melepaskan burung dara yang telah diberi harapan dari guru-guru akan masa depan yang lebih baik. Sebelum persembahan selesai pada pukul 09.20, siswa SMP mempersembahkan permainan drum band  dengan lagu Terima Kasih Guru. 

Acara selanjutnya adalah pencil project dan sport day. Kedua acara tersebut dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Hanya saja berbeda tempat pelaksanaannya.  Kegiatan pencil project dilakukan oleh siswa/ siswi SD dan NTK di area kantin dan lapangan upacara. Kegiatan ini merupakan kegiatan bazar pada umumnya. Hanya saja di pencil project ini, anak-anak menjual hasil karya mereka sendiri atau barang-barang keperluan sekolah lainnya. Hasil dari kegiatan ini nantinya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain siswa, semua yang datang ke Sekolah Darma Bangsa pun dapat membeli barang-barang yang dijual di bazar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan rasa peduli antar sesama. 

Tepat pada pukul 09.35, di area lapangan basket sudah bersiap-siap karyawan, staff, guru, dan siswa/ siswi SMP dan SMA untuk melakukan senam bersama. Selain senam bersama, sport day di isi dengan berbagai kegiatan olahraga seperti voli antar guru, bulu tangkis, catur, futsal, dan renang. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk untuk konsistensi program OSIS (Sport Day) dan juga sebagai ajang keakraban antar warga Sekolah Darma Bangsa.

Dengan demikian seluruh rangkaian peringatan Hari Guru Nasional di Sekolah Darma Bangsa berjalan dengan lancar dan hikmat. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang konsisten dilakukan setiap tahunnya. 

By : Made Shelly Nilayati, S.Pd. 

 

Foto Kegiatan dapat di lihat di -> Klik Link Ini
Video Kegiatan dapat di lihat di -> Klik Link Ini 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142