logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SDB - Pandawa 5 The Musical 2015

Mahabharata adalah sebuah karya sastra kuno yang berasal dari India. Secara singkat, Mahabharata menceritakan tentang konflik para Pandawa Lima dengan saudara sepupu mereka yaitu Kurawa. Pandawa Lima terdiri dari Arjuna, Bima, Nakula dan Sadewa, Serta Yudistira. Sedangkan, Kurawa terdiri dari 100 saudara yang diketuai oleh Duryudana.

Tokoh Mahabharata dalam film maupun buku, biasa diperankan oleh orang dewasa yang profesional. Lain halnya dengan Pandawa Lima The Musical. Oleh Sekolah Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia Mahabharata diperankan oleh siswa-siswi SMP dan SMA dan terbukti mampu memerankan setiap tokohnya dengan sangat baik.

Kisah Pandawa Lima dimulai dari kembalinya Pandawa yaitu Arjuna (Rangga), Bima (Nosky), Nakula (Abi), Sadewa (Rafif), dan Yudistira (Brian) beserta Ibu Ratu Kunti (Audy) ke kerajaan Hastinapura. Sedangkan, pihak Kurawa Duryudana (Andika), Sengkuni (Satrio), Dursasana (Advent), Wikarna (Raka), dan Aswatama (Robi) tidak setuju dengan keputusan raja Destrarastra (Farizky) yang mengijinkan Pandawa tinggal di kerajaan Hastinapura. Dari sanalah perebutan kekuasaan atas Barata antara Kurawa dan Pandawa Lima muncul. Serta, kemunculan Karna (Indra) anak pertama dari Ratu Kunti yang terbuang justru berada dipihak Kurawa menambah konflik cerita.

Sebelum perang dimulai ada beberapa hal yang memicu hingga perang benar-benar terjadi. Adanya sayembara perebutan hati Drupadi (Hani) oleh kesatria Kurawa dan beberapa ksatria lain termasuk Pandawa Lima. Keberanian Jayadrata (Thomas) mengganggu Drupadi hingga terjadilah pertarungan antara Jayadrata melawan Abimanyu (Okto) putra dari Arjuna. Hal itu menyebabkan Pandawa Lima geram. Puncak konflik cerita ini adalah ketika Pandawa Lima menerima ajakan Kurawa untuk bermain dadu yang mengorbankan Drupadi. Akhirnya, kemarahan Ibu Ratu Kunti akan tragedi dadu menjadi dasar peperangan terjadi.

Perang ini disebut dengan perang Bharatayudha yang berlangsung selama delapan belas hari. Pada hari ketiga belas Abimanyu tewas dibunuh oleh Kurawa. Kematian Abimanyu membuat Pandawa Lima semakin kukuh untuk menghancurkan Kurawa demi hak dan keadilan. Akhir cerita ini adalah semua pasukan Kurawa tewas dan Pandawa memenangkan peperangan.

Dari kisah yang diperankan oleh siswa/siswi SMP dan SMA Darma Bangsa ini dapat memberikan kita banyak pelajaran. Sikap rela berkorban demi negara, berjuang demi keadilan, tetap menghormati orang yang telah berjasa kepada mereka, dan berani memperjuangkan harga diri perempuan.

Pandawa Lima dikemas secara padu antara seni peran dan musik yang sangat spektakuler ini sukses menjadi puncak acara SDB Fair 2015 pada Sabtu, 9 Mei 2015. Dengan suksesnya acara tersebut, sekaligus membuktikan bahwa Sekolah Darma Bangsa tetap konsisten dalam menjadikan anak didiknya menjadi lebih berkarakter melalui Drama Musikal.

 

Written By: Made Shelly Nilayati, S.Pd. (SMP Teacher)

SDB - Pandawa 5 The Musical 2015 Klik Link Ini

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142