Sekolah Darmabangsa memiliki beragama ekstrakurikuler untuk mendukung aktifitas siswa. Kegiatan Ekstrakurikuler Merupakan kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat siswa,
A. Pramuka
Pramuka adalah organisasi remaja atau pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, saling menolong, kepercayaan pada diri sendiri dan sebagainya.Pramuka juga disebut gerakan kepanduan.
B. Olahraga
1. Renang
Kegiatan Ekskul renang bagi merupakan ekskul yang paling disukai, dimana setiap berenang siswa/i sangat bersemangat dan antusias untuk mengikutinya.Kegiatan ekskul renang ini dilaksanakan kolam renang sekolah Darmabangas yang berada di dalam lingkungan sekolah.
2. Futsal
Kegiatan Ekskul futsal yang bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan bakat siswa, Bertempat di lapangan utama sekolah Darmabangsa Kegiatan dengan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan, dilanjutkan dengan melatih otot-otot agar tidak kaku ketika bermain.Melakukan operan, tendangan dan membuat strategi menjadi salah satu materi yang diberikan ketika ekskul futsal berlangsung.
3. Tae Kwondo
Taekwondo ialah seni beladiri yang berasal dari Kore, Taekwondo merupakan salah satu ekstra kurikuler yang berorientasi di bidang ilmu bela diri.
4. Basket
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.
C. Seni
1.Drama
Seni peran melatih untuk lebih menjiwai peranan dalam hidupan kita sehari-hari. Menjiwai peranan tidaklah mudah sehingga memerlukan pemahaman yang lebih sehingga menghasilkan peranan yang indah. Ekstrakurikuler ini juga sering tmapil dalam pertujukan-pertunjukan penting.
2. Lukis
Goresan pensil dalam kanvas menghasilkan wajah-wajah nan menawan. Hasil karya ekstrakurikuler ini juga dipamerkan.
3. Tari
Seni Tari sebuah seni dalam megerakan tubuh dan membawakan pesan dalam bentuk gerakan, menari yang tidaklah mudah sehingga memerlukan latihan dan bimbingan yang baik yang lebih sehingga menghasilkan tarian yang indah. Ekstrakurikuler ini juga sering tmapil dalam pertujukan-pertunjukan.
4. Musik
Musik sebuah seni dalam memaikan alat musik dan menyanyi, selain membawakan lagu, musik menyampaikan pesan bentuk alunan musik memaikan alat musik dan menyayi tidaklah mudah sehingga memerlukan latihan dan bimbingan yang baik yang lebih sehingga menghasilkan musik. Ekstrakurikuler musik iini menggunakan perlengkapan musi di studio band miliki sekolah Darmabangsa.
5.Photography
Photography adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
D. Ilmiah
1. Math Club
Sebuah kelompok belajar matematika yang di bimbing oleh guru matematika, tujuan dari math club adalah sebagai sarana belajar yang menyenangkan untuk siswa-siswa yang memiliki ketertaikan lebih dalam tentang matematika.
2. Science Club
Sebuah kelompok belajar ilmu pengetahun yang di bimbing oleh guru dibidangnya tujuan dari sciens club adalah sebagai sarana belajar yang menyenangkan untuk siswa-siswa yang memiliki ketertaikan lebih dalam tentang ilmu pengetahuan .
3. Robotic
Kata Robot berasal dari bahasa Cheko (Robota) yang memiliki arti pekerja yang tidak memiliki lelah dan bosan.
Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas baik di bawah kendali dan pengawasan manusia atau dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu.
Robotika adalah bidang studi yang erat dengan mata pelajaran biologi, matematika dan teknologi.
Dengan mempelajari Robotika kita dapat menerapkan ilmu di bidang-bidang pelajaran tersebut dan juga mengasa kretivitas kita.
4. Pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Beberapa contoh sistem / aplikasi yang menggunakan progam : e-Health,Electronic Comerce (E-Commerce),inventory control,account receivable,game,winamp,dll.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Extracurricular
Sekolah Darma Bangsa has a variety of extra-curricular activities to support students. Extracurricular activities are activities that are selected in accordance with the interests and talents of students,
A. Scout
Scout is an organization that educates teens or youth members in a variety of skills, discipline, mutual help, self-confidence and sebagainya.Pramuka also called the scouting movement.
B. Sports
1. Swimming
Swimming is an extracurricular activity that is most favored, when every swim students was very excited and enthusiastic for join extracurricular. Swimming activity is implemented Sekolah Darma Bangsa located in the school environment.
2. Futsal
Submit a futsal activities that aim to train and direct the interests of students and directing student talent, Located in the main square Darmabangsa school activities with heating by running around the field, followed by training the muscles that are not stiff when bermain.Melakukan pass, kick and make a strategy to be one of the materials given when extracurricular futsal underway.
3. Tae Kwondo
Taekwondo is a martial art that originated from Kore, Taekwondo is one of the extra curricular oriented in the field of martial arts.
4. Basketball
Basketball is a sport balls in groups of two teams each playing each other five people who score points by inserting the ball into the opponent's basket.
C. Arts
1. Drama
Acting coach for over animating role in our daily lives. Animating role is not easy so requires a deeper understanding so as to produce a beautiful role. This extracurricular always show in important performances.
2. Painting
Pencil strokes on the canvas produces enchanting faces. The result of this extra work is also exhibited.
3. Dance
Dance megerakan an art in the body and carry messages in the form of movement, dance is not easy so it takes practice and good guidance so as to produce a more beautiful dance. This extracurricular always show in important performances.
4. Photography
Photography is the process of painting/writing by using the medium of light that comes from the Greek words "photos": Light and "Grafo": Painting/write. As a general term, photography means the process or method to produce an image or images of an object by recording the reflection of light on the objects on light sensitive media. The most popular tool for capturing this light is the camera. Without light, there is no photograph that can be made.
C. Scientifics
1. Math Club
A mathematical study groups guided by math teachers, the purpose of the math club is a fun learning tool for students who have ketertaikan more about mathematics.
2. Science Club
A science study groups guided by the knowledge that the art teacher is the purpose of sciens club as a fun learning tool for students who have ketertaikan more about science.
3. Robotic
The word robot comes from Cheko (Robota) which means workers who are tired and bored. The robot is a mechanical device that can perform both tasks under the control and supervision of human or run with a series of programs that have been defined in advance. Robotics is a field of study that is closely related to the subjects of biology, mathematics and technology. By studying Robotics we can apply the knowledge in the subject areas and also mengasa kretivitas us.
4. Programming
Programming is the process of writing, testing and repair (debug), and maintaining code that builds a computer program. The code is written in various programming languages. The purpose of programming is to load a program that can perform a calculation or a 'job' in accordance with the wishes of the programmer (the programmer). To be able to do programming, required skills in algorithms, logic, programming languages, and in many cases, such as knowledge-knowledge of mathematics. Some examples of systems/applications that use the program: e-Health, Electronic Comerce (E-Commerce), inventory control, accounts receivable, games, winamp, etc.